Apa Itu Effective Annual Interest Rate (EAR)

Apa Itu Effective Annual Interest Rate (EAR) – Tingkat bunga efektif tahunan adalah tingkat di mana uang dipinjam.

Ketika efek pemajemukan dari waktu ke waktu diperhitungkan, tingkat bunga efektif tahunan pada rekening tabungan atau investasi yang membayar bunga adalah pengembalian riil uang yang diinvestasikan di dalamnya. Tingkat persentase riil yang terutang pada pinjaman, kartu kredit, atau utang lainnya juga diungkapkan dengan menggunakan alat ini.

Dengan kata lain, suku bunga efektif, suku bunga efektif, atau suku bunga ekuivalen tahunan adalah semua istilah yang digunakan untuk merujuk pada suku bunga ini.

Berikut ini adalah rumus suku bunga efektif tahunan:

Effective Annual Interest Rate = (1+i/n​)^n−1

dimana:

  • i = Nominal bunga
  • n = Periode pinjaman

Apa yang dikatakan suku bunga efektif tahunan tentang situasi keuangan Anda?

Tingkat bunga nominal untuk sertifikat deposito bank, rekening tabungan, atau penawaran pinjaman dapat diiklankan di samping tingkat bunga tahunan efektif untuk rekening atau penawaran pinjaman.

Penting untuk dicatat bahwa tingkat bunga nominal tidak memperhitungkan efek bunga majemuk atau bahkan biaya yang terkait dengan produk keuangan ini. Pengembalian riil sama dengan tingkat bunga efektif tahunan.

Akibatnya, memahami tingkat bunga tahunan yang efektif adalah konsep keuangan yang penting untuk dimiliki dalam kotak peralatan Anda.

Anda hanya dapat membuat perbandingan yang akurat antara penawaran yang berbeda jika Anda mengetahui tingkat suku bunga efektif tahunan dari masing-masing penawaran.

Ilustrasi tingkat bunga efektif tahunan

Pertimbangkan dua penawaran berikut, misalnya: Investasi A membayar tarif sepuluh persen per bulan, dimajemukkan setiap bulan. Investasi B membayar hasil 10,1 persen majemuk setengah tahunan setiap tahun. Manakah dari dua penawaran yang merupakan kesepakatan yang lebih baik?

Dalam kedua kasus, tingkat bunga yang diiklankan sama dengan tingkat bunga nominal. Dimungkinkan untuk menghitung tingkat bunga tahunan efektif dengan menyesuaikan tingkat bunga nominal untuk jumlah periode majemuk yang akan dialami produk keuangan selama periode waktu tertentu.

Dalam contoh khusus ini, jangka waktunya adalah satu tahun. Berikut adalah rumus dan perhitungan yang akan digunakan:

  • Effective annual interest rate = (1 + (nominal rate / number of compounding periods)) ^ (number of compounding periods) – 1
  • For investment A, this would be: 10.47% = (1 + (10% / 12)) ^ 12 – 1
  • And for investment B, it would be: 10.36% = (1 + (10.1% / 2)) ^ 2 – 1

Namun, sementara investasi B memiliki tingkat bunga nominal yang dinyatakan lebih tinggi daripada investasi A, tingkat bunga efektif tahunan untuk investasi B lebih rendah daripada tingkat bunga efektif tahunan untuk investasi A. Hal ini disebabkan fakta bahwa Investasi B lebih jarang digabungkan selama kursus tahun ini.

Diperkirakan bahwa jika seorang investor memasukkan $5.000.000 ke dalam salah satu investasi ini, membuat keputusan yang salah akan mengakibatkan kerugian lebih dari $5.800 per tahun.

Pengembalian yang lebih tinggi dicapai melalui peracikan yang lebih sering.

Tingkat bunga efektif tahunan naik sebanding dengan jumlah periode peracikan dalam setahun. Peracikan triwulanan mengungguli peracikan semi-tahunan, peracikan bulanan mengungguli peracikan triwulanan, dan peracikan harian mengungguli peracikan bulanan, antara lain. Berikut ini adalah rincian hasil periode majemuk yang berbeda ini pada tingkat bunga nominal sepuluh persen:

  • Semi-annual = 10.250%
  • Quarterly = 10.381%
  • Monthly = 10.471%
  • Daily = 10.516%

Peracikan memiliki keterbatasan.

Ada batas untuk potensi fenomena peracikan. Bahkan jika peracikan terjadi berkali-kali – tidak hanya sekali setiap detik atau mikrodetik tetapi terus menerus – batas peracikan tercapai pada titik waktu tertentu.

Tingkat bunga efektif tahunan majemuk terus menerus adalah 10,517 persen ketika tingkat inflasi adalah 10 persen. Ketika Anda menaikkan angka “e” ke pangkat suku bunga dan mengurangi satu, Anda mendapatkan tingkat kontinu. Angka “e” kira-kira sama dengan 2,71828. Jika kita menggunakan contoh sebelumnya, jawabannya adalah 2.171828 – (0.1) – 1.



Temukan daftar lengkap lirik lagu Indonesia dan Barat dalam satu tempat di halaman ini, gratis untuk semuanya! Kini, nyanyi bareng teman-teman jadi jauh lebih gampang!